TA Perancangan Visual Identity Pasar Nostalgia Bratang sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awarness

Main Author: Frandani, Prayogo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5200/1/14420100043-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5200/2/14420100043-2020-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5200/
Daftar Isi:
  • Nostalgia Bratang adalah sebuah pasar yang mana didalamnya berisi barang antik dan barang hobi. Barang antik adalah barang yang dimana diperkirakan memliki umur yang tua, seperti peninggalan kerajaan zaman dahulu atau bekas peninggalan zaman penjajahan, yang sekarang banyak diminati seseorang sebagai barang hobi serta mengenang atau bernostalgia pada waktu usia belia yang saat ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Peneliti melakukan pengamatan langsung dengan metodede kualitatif observasi, wawancara serta studi pustaka dan menemukan bahwa Pasar Nostalgia Bratang tidak memiliki logo atau identitas visual yang dapat menggambarkan karakteristik dari tempat ini kepada masyarakat. Dengan ini, peneliti akan berfokus pada proses pengerjaan desain logo dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran merk. Selain pembuatan logo, juga merancang paduan merk bertujuan untuk memberikaan nilai dan esensi lain dari merk yang dimiliki Pasar Nostalgia Bratang beserta juga panduan penguunaan logo dan aplikasi untuk penerapan desain. Implementasi desain berupa brosur, x-banner dan merchandise yang dimaksudkan untuk sarana informatif dan dapat membantu target audiens dalam mengetahui Pasar Nostalgia Bratang. Dengan demikian, visual identity Pasar Nostalgia Bratang yang dirancang oleh peneliti dapat menjadi bukti apresiasi yang diharapkan meningkatan pengetahuan tentang tempat Pasar Nostalgia Bratang serta tentang barang antik itu sendiri.