TA Perancangan Destination Branding Desa Amadanom Kabupaten Malang sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness

Main Author: Lestari, Chania Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5198/3/16420100047-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5198/2/16420100047-2020-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5198/
Daftar Isi:
  • Desa Amadanom adalah desa yang berada di kecamatan Dampit kabupaten Malang. Desa tersebut memiliki potensi wisata yang cukup menonjol yakni wisata kebun kopi Amadanom dengan keramahan masyarakat serta keasrian alamnya. Namun, kurangnya jumlah kunjungan dan kurangnya informasi menjadi kendala masyarakat kurang mengenal desa Amadanom. Dari permasalahan yang ada, tidak kuatnya citra menjadikan tempat wisata tidak dikenal oleh masyarakat luas. Sebagai upaya untuk mengenalkan desa Amadanom dilakukan perancangan destination branding untuk mengemas desa Amadanom sebagai tempat wisata. Karenaa itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat perancangan Destination Branding untuk meningkatkan brand awarness desa Amadanom. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaang bersifat deskriptif yang bersumber dari wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur. Dari analisis yang didapat, maka ditemukan kata kunci yaitu “authentic” yang menunjukkan bahwa perancangan ini ingin menunjukan keaslian dari suatu daerah akan sumber daya alamm dan sumber daya manusia sesuai karakteristik dan potensi desa Amadanom. keyword “authentic” berkaitan dengan kata asli atau keaslian sehingga ditemukan warna “fresh” yang menjadi dasar perancangan dalam destination branding. Hasil perancangan ini diimplementasikan menjadi beberapa media yaitu graphic standard manual, stationery-set (kartu nama, kop surat, amplop), merchandise (kaos, packaging, paper cup, paper bag, approne, topi, totebag, mug, jar) dan media promosi (pennant, x-banner, billboard, gapura, signage, brosur, guide maps).