LKP Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Jadwal Keberangkatan Travel pada Dharmawangsa Tour

Main Author: Al-Fiqrie, Muhammad Biaggi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5061/8/17410100037-2020-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5061/2/17410100037-2020-LAMPIRAN.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5061/
Daftar Isi:
  • Dharmawangsa Tour merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa travel. Dharmawangsa Tour berdiri pada tahun 2013 dan berkedudukan di Kota Surabaya. Usaha ini merupakan salah satu unit usaha yang tergabung dalam CV. Kanaya Group. Perusahaan ini berfokus menyediakan paket pariwisata dan jasa penyewaan bus pariwisata. Paket wisata yang ditawarkan merupakan paket perjalanan yang antara lain mencakup akomodasi di hotel yg dipilih, bus pariwisata, tiket masuk obyek wisata, konsumsi, driver service, serta pajak dan pelayanan. Berdasarkan hasil kerja praktik pada Dharmawangsa Tour, diketahui bahwa belum adanya sistem pengelolaan jadwal travel yang komperhensif dalam mengatur jadwal keberangkatan travel. Hal ini mengakibatkan beberapa permasalahan terhadap kinerja perusahaan diantaranya adalah lambatnya proses penyampaian draft proyek baru, seringnya terjadi penugasan kru travel yang bertabrakan, informasi penugasan travel yang terlambat hingga tidak teraturnya pengelolaan data keberangkatan yang mengakibatkan hilangnya informasi yang bisa diolah untuk keunggulan bersaing perusahaan. Dari kerja praktik ini dihasilkan sebuah aplikasi pengelolaan jadwal travel yang dapat membuat draft proyek baru dan menerima informasi penugasan melalui e-mail. Aplikasi ini juga secara otomatis akan mengatur jadwal kru travel agar tidak bertabrakan dengan jadwal yang lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan laporan travel yang informatif sehingga dapat membantu dalam pengambilan keputusan.