LKP Sistem Informasi Manajemen Inventori Kantor Divisi Regional (Divre) Pos VII Surabaya

Main Authors: Septyasari, Zeinida Annisa, Kurnia, Citra Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4818/1/07410100383-2010-LKP-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4818/
Daftar Isi:
  • Sistem Informasi Manajemen Inventori adalah sistem informasi yang mengelola data transaksi dan persediaan dalam gudang. Sistem Inventori biasanya terdiri dari Sistem Penerimaan Barang, Sistem Pengeluaran Barang dan Sistem Gudang. Sistem ini harus dapat memberikan informasi inventori seperti informasi pengeluaran barang, penerimaan barang, sisa barang di gudang, dan informasi lain secara cepat dan akurat, selain itu sistem dapat mempermudah kerja user. Sistem Informasi Inventori di dalam Kantor Divisi Regional (Divre) Pos VII Surabaya memegang peranan yang sangat penting dalam pengelolaan data barang. Pada sistem ini setiap transaksi barang akan dicatat kedalam sistem. PT. Pos Indonesia (Persero) adalah perusahaan milik negara dalam bidang jasa (pos, keuangan, logistik dan e-bisnis) dengan jangkauan operasi hampir di seluruh tanah air Indonesia. Pada sistem inventori assets, masih memiliki banyak kelemahan, yaitu staff assets masih menggunakan aplikasi office standart untuk pencatatan barang. Guna mengatasi permasalahan Sistem Inventori tersebut maka dibuat Sistem Informasi Manajemen Inventori yang khusus dipergunakan pada gudang asset PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Divisi Regional Pos VII Surabaya. Beberapa mekanisme dan rancangan basis data tetap mengacu pada sistem yang telah ada sehingga proses-proses pada aplikasi sistem akan relatif sama. Sistem ini dapat memberikan informasi permintaan barang ke gudang (Store Requisition), pengeluaran barang (Stock Transfer), permintaan pembelian barang (Purchase Requisition), penerimaan barang (Receiving), pengembalian barang (Retur) dan informasi inventori lainnya.