Aplikasi Pembelajaran dengan Metode Blended Learning untuk Mata Kuliah Bahasa Pemrograman

Main Authors: Koentjoro, Edo Yonatan, Hariadi, Bambang
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/479/1/2011-ICCS-15.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/479/
Daftar Isi:
  • Praktikum Bahasa Pemrograman (Algoritma dan Pemrograman II) menggunakan bahasa pemrograman Java (Java's Language), bertujuan agar praktikan dapat menerapkan algoritma sederhana ke dalam pemrograman. Dalam mata praktikum ini terdapat tiga tahap yang harus dijalani oleh praktikan, yaitu (1) tes awal, (2) latihan, dan (3) tugas praktikum. Kemampuan penguasaan materi setiap praktikan yang berbeda dan keterbatasan waktu praktikum terjadwal membuat praktikan kesulitan dalam menguasai materi praktikum dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, dibutuhkan aplikasi pembelajaran yang dapat membantu praktikan dalam menerapkan algoritma kedalam bahasa pemrograman secara mandiri selain praktikum terjadwal di laboratorium. Aplikasi ini dibangun dengan metode Blended Learning, yaitu merupakan campuran metode pembelajaran conventional learning (tatap muka di kelas) dengan virtual learning (pembelajaran secara online). Aplikasi pembelajaran dengan metode Blended Learning ini berisi tes awal, tugas praktikum, dan materi Bahasa Pemrograman, baik dalam bentuk file maupun video tutorial, yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran praktek (praktikum). Proses pembelajaran dilakukan secara bergantian (campuran/blended) menggunakan model conventional learning dan virtual learning. Keberadaan aplikasi ini dapat menjawab permasalahan di atas dalam membantu praktikan untuk memahami dan menerapkan algoritma ke dalam bentuk bahasa pemrograman.