Analisis Penggunaan Media Internet pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jawa Timur untuk Menembus Pasar Global dengan Metode 020
Main Authors: | Wardhanie, Ayouvi Poerna, Kartikasari, Puspitasari, Wulandari, Sri Hariani Eko |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Revka Prima Media
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4774/1/monograf.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4774/2/Peer%20Review%20Monograf.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4774/3/Similarity%20Monograf.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4774/ |
Daftar Isi:
- Dalam era mobile internet saat ini, jumlah pengguna smartphone yang telah melakukan online adalah sumber utama dalam pengembangan UMKM. Salah satu strategi yang diadopsi oleh banyak pelaku bisnis di Indonesia adalah strategi Online to Offline atau Offline to Online (O2O). Strategi O2O tidak hanya mengubah mentalitas konsumen dan model layanan tetapi juga membawa tantangan baru bagi e-commerce tradisional. Oleh karena itu, model bisnis O2O adalah model bisnis yang tepat untuk UMKM di Jawa Timur dalam menembus pasar global, karena memiliki prospek pengembangan yang besar. Dalam penelitian ini akan membahas bagaimana analisis penggunaan media internet pada UMKM di Jawa Timur dalam menembus pasar global dengan metode O2O. Penelitian ini dilakukan pada UMKM di Jawa Timur khususnya yang bergerak di bidang perdagangan, hotel dan restauran, baik dalam skala mikro, kecil dan menengah, dengan total sample sebesar 102 UMKM. Penghitungan sample menggunakan teknik proporsional stratifikasi, dan diolah dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan data kondisi UMKM di propinsi Jawa Timur saat ini adalah 51% UMKM masih menjalankan usahanya secara nyata atau membutuhkan tempat usaha fisik, 63% memiliki jangkauan usaha hanya disekitar lokasi fisik usaha, 78,14% UMKM mengakui bahwa konsumen mengetahui usaha mereka secara offline baik melalui getok tular, mulut ke mulut, memajang produk di toko/outlet/showroom serta melakukan promosi melalui brosur, spanduk, radio, iklan, dll. 71% UMKM yang mengalami stagnansi atau kondisi stabil, 1,9% UMKM memiliki kondisi penjualan menurun, 55% pembeli membeli produk dengan mendatangi toko serta 44% konsumen melakukan pembayaran transaksi menggunakan uang tunai