TA Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Penanganan Gangguan Teknis Jaringan Tegangan Rendah (JTR) Berbasis Android pada PT. PLN (Persero) APJ Surabaya Utara

Main Author: Putra, Tegar Muharyana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4723/1/12410100223-2015-STIKOMSURABAYA-FIX.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4723/
Daftar Isi:
  • PT. PLN (Persero) dalam memberikan pelayanan dalam menangani gangguan teknis jaringan tegangan rendah harus memiliki standar waktu karena yang bertindak sebagai eksekutor lapangan dialih dayakan pada PT. Haleyora Power. Untuk melakukan pemantauan kinerja pihak ketiga saat ini masih menggunakan pencatatan manual yang memiliki resiko waktu respon dan waktu penanganan yang selalu dilaporkan baik, namun keluhan mengenai keterlambatan waktu respon dan waktu penanganan masih sangat banyak. Hal ini menyebabkan kinerja perusahaan rekanan PT. PLN (Persero) menjadi tidak dapat dipantau dan berujung pada citra buruk PT. PLN (Persero) di mata pelanggan. Untuk menanggulangi masalah tersebut maka dikembangkanlah aplikasi monitoring penanganan jaringan tegangan rendah berbasis android yang mempunyai beberapa fitur penting: fungsi monitoring yang ditangani oleh layanan pesan singkat (SMS) supervisor, dashboard peta, laporan kinerja bulanan berupa diagram dan file PDF. Hasil uji coba yang dilakukan diketahui bahwa aplikasi dapat menghasilkan notifikasi gangguan, waktu respon, waktu penanganan, monitoring SMS supervisor. Untuk laporan, aplikasi dapat menghasilkan laporan berupa dashboard kinerja bulanan, dashboard peta dan laporan kinerja dalam file PDF. Dapat disimpulkan dari hasil uji coba diketahui 1% waktu respon yang tidak sesuai standar, 99% telah memenuhi standar 45 menit. Untuk waktu penanganan ada 50% yang tidak sesuai standar, 50% telah memenuhi standar 120 menit.