TA Penciptaan Buku Novel Graphic Punakawan sebagai Upaya Pengenalan Warisan Budaya Kepada Anak-anak

Main Author: Prayoga, Dwiki Setya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4706/1/11420100009-2015-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4706/
Daftar Isi:
  • Wayang merupakan salah satu puncak karya seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol diantara banyak karya seni lainnya. Tokoh punakawan sendiri pada dasarnya adalah manivestasi dari beberapa bentuk dan karakter manusia yang banyak mempunyai nilai – nilai falsafah yang menyiratkan tentang karakter perlakuan dan perbuatan manusia. Punakawan terdiri dari Semar, Petruk, Gareng dan Bagong. Anak-anak lebih cepat belajar, lebih aktif dan gembira atau tertawa riang, keterampilan motorik yang mendorong anak agar aktif bermain dengan hiburan, karena bermain merupakan bentuk yang dominan. Kurangnya wawasan pengetahuan anak-anak mengenai pewayangan dan termakan oleh zaman di era modern ini, karena pelestarian budaya-budaya yang semakin hilang. Karena Novel Graphic bersifat naratif, apabila untuk anak-anak ini mudah dipahami. Beberapa permasalahan diatas melandasi “Perancangan Novel Graphic Punakawan Sebagai Upaya Pengenalan Warisan Budaya”. Dengan menggunakan media buku Novel Graphic yang mudah dicerna, agar anak-anak nantinya dapat dengan mudah mengenal dan mempelajari nilai-nilai budaya yang terkandung dalam tokoh pewayangan tersebut, sehingga pelestarian budaya leluhur dapat dipertahankan kembali serta sebagai upaya pengenalan warisan budaya.