TA Perancangan Branding Trowulan Melalui Situs Purbakala sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Lokal

Main Author: Wicaksono, Satrio Arif
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4705/1/11420100005-2015-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4705/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari perancangan branding Trowulan ini adalah untuk melestarikan warisan budaya lokal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan data yang digunakan sebagai pendukung pembuatan konsep perancangan branding. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Dari analisis data tersebut ditemukan beberapa kata kunci yang mengacu pada strategi komunikasi branding yang akan digunakan untuk mencapai sasaran audiens yang dituju. Setelah dilakukan analisis terhadap data, ditemukan sebuah konsep atau keyword perancangan branding yaitu “Grandeur”. Deskripsi konsep dari “Grandeur” merupakan suatu wujud nyata akan peninggalan kerajaan Majapahit di Trowulan. Dalam hal ini “Grandeur” atau kebesaran bukti peninggalan kerajaan Majapahit yang ada di Trowulan diarahkan pada bagaimana mempertahankan warisan budaya lokal berupa cagar budaya yang dikemas dengan menjadikan cagar budaya yang ada di Trowulan sebagai point of interest diberbagai media yang digunakan untuk mempromosikan Trowulan. Hasil dari perancangan branding ini adalah untuk melestarikan warisan budaya lokal yang ada di trowulan yang dulunya merupakan pusat pemerintahan kerajaan Majapahit.