TA Perancangan Iklan Kampanye Trunk and Feeder Melalui Infografis sebagai Upaya Pengenalan Transportasi Baru di Kota Surabaya

Main Author: Cahyadi, Ari Bima Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4585/1/12420100066-2016-TA-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4585/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari perancangan iklan kampanye Trunk and Feeder sebagai transportasi umum baru kota Surabaya adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap keadaan transportasi dan lalu lintas yang berdampak pada kemacetan di kota Surabaya. Selanjutnya penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan data yang digunakan sebagai pendukung pembuatan konsep perancangan iklan kampanye. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Setelah dilakukan analisis terhadap data, ditemukan sebuah konsep atau keyword perancangan iklan kampanye yaitu “Impressive”. Deskripsi dari “Impressive” adalah Berkesan. Konsep “Impressive” bertujuan untuk menunjukkan bahwa Trunk and Feeder diharapkan memiliki kesan baru yang lebih aman dan nyaman di mata masyarakat pengguna transportasi umum dibandingkan dengan transportasi umum terdahulu. Artinya, konsep impressive dihadirkan untuk menanamkan persepsi masyarakat, bahwa Trunk and Feeder adalah Transportasi umum yang berkesan. Hasil dari perancangan iklan kampanye ini adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap keadaan transportasi di kota Surabaya yang apabila dibiarkan akan menimbulkan kemacetan sehingga dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk mulai mau menggunakan transportasi umum.