Daftar Isi:
  • Berdasarkan survey dan wawancara dengan pegawai Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja pada Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya, didapatkan informasi bahwa proses pencatatan surat masuk, surat keluar, dan kasus Perselisihan Hubungan Industrial (PHI) masih dilakukan secara manual. Semua surat masuk, surat keluar, dan kasus PHI akan dicatat ke dalam buku agenda surat dan kasus yang kemudian disalin kembali ke dalam satu file Microsoft Excel. Rata–rata surat masuk dan surat keluar per hari yaitu sebanyak 15 hingga 20 surat. Saat pembuatan laporan surat masuk, surat keluar, dan kasus PHI petugas memilah-milah kembali semua data-data yang diperlukan. Sehingga hal tersebut cukup memakan waktu. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, maka dibuatlah suatu Rancang Bangun Aplikasi Korespondensi dan Pencatatan Kasus PHI. Aplikasi ini dirancang untuk membantu pegawai dalam menangani proses pencatatan data surat masuk, surat keluar, dan kasus PHI hingga proses pembuatan laporan surat masuk, laporan surat keluar, dan laporan kasus PHI. Dengan adanya Rancang Bangun Aplikasi Korespondensi dan Pencatatan Kasus PHI proses pengolahan, penyimpanan, pencarian data, dan pembuatan laporan menjadi semakin cepat.