TA Rebranding Kebun Binatang Surabaya Dengan Menggunakan Karakteristik Berbasis Budaya Lokal

Main Author: Andriani, Dewi Restya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4452/1/11420100030-2015-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4452/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari rebranding Kebun Binatang Surabaya ini adalah untuk melestarikan budaya lokal. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan data yang digunakan sebagai pendukung pembuatan konsep perancangan rebranding. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan simpulan. Dari analisis data tersebut ditemukan beberapa kata kunci yang mengacu pada strategi komunikasi rebranding yang akan digunakan untuk mencapai sasaran audiance yang ditujuh. Setelah dilakukan analisa terhadap data, ditemukanlah konsep atau keyword perancangan rebranding yaitu “Smart”. Deskripsi konsep smart adalah pemikiran dan sifat anak yang menunjukkan kecerdasan yang dimiliki. Konsep “smart” bertujuan untuk menunjukkan bahwa Kebun Binatang Surabaya adalah wisata yang memiliki identitas pndidikan, eks-situ, penelitian dan rekreasi. Konsep smart bertujuan untuk menyampaikan identitas Kebun Binatang Surabaya kepada para wisatawan untuk berkunjung ke tempat yang mampu menyuguhkan hiburan dan pendidikan bagi anak-anak. Hasil dari perancangan rebranding ini adalah untuk melestarikan budaya lokal.