Daftar Isi:
  • PT. PLN (Persero) UPJ Gedangan sudah terkomputerisasi namun belum sempurna dalam proses transaksi dan penyediaan akan informasi laporan pendapatan, dikarenakan di dalam kesehariannya keseluruhan proses transaksi belum terkomputerisasi secara menyeluruh. Maka penulis membuat rancang bangun sistem informasi pada PT. PLN (Persero) UPJ Gedangan antara lain pendaftaran sampai pembayaran transaksi Non Tagihan Listrik, yang hanya meliputi transaksi pasang baru dan tambah daya. PT. PLN (Persero) UPJ Gedangan terletak di Sawo Tratap KM 15 Aloha Sidoarjo, yang lokasinya dikatakan strategis karena berdekatan dengan pusat pertumbuhan ekonomi khususnya di bidang industri. PT. PLN (Persero) Gedangan adalah Unit termuda yang ada di Area Surabaya Selatan karena Unit Perusahaan ini didirikan sekitar tahun 1995, dengan memiliki luas wilayah yang berbatasan dengan Sidoarjo dan Rungkut. Untuk mengatasi masalah yang ada di atas maka diperlukan langkah-langkah yaitu menganalisa sistem. mendesain sistem. mengimplementasi sistem, dan peembahasan terhadap Implementasi Sistem. Hasil dari kerja praktek adalah sistem yang telah penulis buat dapat membantu menyelesaikan masalah yang selama ini menjadi kendala, terutama pada Non Tagihan Listrik PT. PLN.