TA Pembuatan Buku Graphic Novel Hikayat Candi Prambanan sebagai Upaya Pengenalan Sejarah Budaya kepada Anak - Anak

Main Author: Dwinanto, Denny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4397/1/11420100022-2015-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4397/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari pembuatan Graphic Novel Hikayat Candi Prambanan ini adalah untuk mengenalkan serta melestarikan cerita rakyat khususnya legenda Roro Jonggrang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka untuk mendapatkan data yang digunakan sebagai pendukung pembuatan konsep perancangan branding. Data dianalisis dengan menggunakan beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Dari analisis data tersebut ditemukan beberapa kata kunci yang mengacu pada strategi pembuatan buku dan media yang akan digunakan untuk mencapai sasaran audiens yang dituju. Setelah dilakukan analisis terhadap data, ditemukan sebuah konsep atau keyword perancangan branding yaitu “Dream”. Deskripsi konsep dari “Dream” merupakan suatu wujud mimpi yang berhubungan dengan imajinasi ceria yang ditonjolkan pada aspek visual untuk menarik minat anak dalam membaca, mengenali dan melestarikan cerita rakyat. Dalam hal ini “Dream” atau mimpi yang ceria ini akan memiliki titik berat pada gaya gambar yang eksperimental dan khas dengan tujuan membawa imajinasi anak masuk kedalam cerita sehingga menimbulkan pencitraan terhadap cerita rakyat yang disajikan. Hasil dari pembuatan buku ini adalah untuk mengenalkan serta melestarikan cerita rakyat khususnya legenda Roro Jonggrang yang semakin tergerus oleh zaman modern.