TA Penciptaan Destination Branding Keraton Kasunanan Solo Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Domestik
Main Author: | Permana, Aan Ari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4360/1/10420100072-2015-STIKOMSURABAYA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4360/ |
Daftar Isi:
- Kota Surakarta telah dikenal sebagai daerah yang memiliki warisan budaya yang sangat beragam yang memiliki benda-benda peniggalan bersejarah yang ada di Jawa Tengah dengan keaneka ragaman budayanya adanya Keraton Kasunanan sebagai pengaruh adanya alkuturasi 3 Budaya.Timbulnya fenomena pergeseran nilai budaya terkandung di dalam filosofi yang ada di Keraton Kasunanan Surakarta Hardiningrat. Karena itu dibutuhkan sebuah penciptaan destination Branding berupa Buku Profil Keraton Kasunanan Surakarta Hardiningrat. Untuk mengangkat nilai-nilai budaya seperti makna,Budaya, filosofi dan mitos yang terkandung didalam Keraton Kasunanan Surakarta Hardiningrat sebagai upaya meningkatkan minat kunjungan Wisatawan Domestik. Penciptaan dilakukan dengan pendekatan observasi,wawancara dan studi eksisting dengan menggunakansudut pandang keyword hasil kajian pustaka,yaitu estetika, sosial budaya, citra diri dan produk budaya. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif-kualitatif yang didukung dengan indicator STP dan USP (Unique Selling Proposition) didapatkan “special trip to visit” sebagai konsep perancangan. “Keraton Kasunanan Kemewahan Yang Tersembunyi Di Jawa” sebagai judul buku dengan point of interest gambar ilustrasi fotografi, diimplementasikan pada penciptaan karya. Untuk mengetahui efektivitas, kelayakan dan kesesuaian karya digunakan pengujian hasil desain dengan melalui angket berskala Likert yang diberikan pada 111 responden. Dari hasil analisa kolerasi pengujian desain, didapatkan bahwa seluruh hasil pernyataan angket memiliki korelasi pengujian desain, didapatkan bahwa seluruh hasil pernyataan angket memiliki korelasi yang signifikan sehingga mampu memenuhi tujuan dari buku dengan nilai loading pernyataan antara,242-362 dan mean antara 4, 27-4,62 Kata Kunci: Penciptaan, Destination Branding, Keraton Kasunanan, Wisatawan Domestik