TA: Pembuatan Game Puzzle Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Dengan Mengombinasikan Subgenre Spatial dan Spot The Difference

Main Author: Astari, Lusi Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4292/1/11510160022-2015-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4292/
Daftar Isi:
  • Tujuan yang dicapai dalam Tugas Akhir ini adalah membuat game bergenre puzzle guna meningkatkan kecerdasan emosional dengan mengombinasikan subgenre spatial dan spot the difference. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kejadian seperti tawuran dan bunuh diri yang diakibatkan oleh rendahnya kecerdasan emosional seseorang dan anggapan yang keliru bahwa tingkat penentu kesuksesan seseorang yang sebagian besar adalah berasal dari IQ sehingga EQ dikesampingkan. Pengaplikasian cerita dalam game ini, mengambil dari cerita rakyat kasih sayang Kakak Si Tanduk Panjang. Hal ini dilakukan agar selain dapat meningkatkan kecerdasan emosional juga mendapat pengetahuan tentang cerita rakyat dari Sumatera Utara. Dengan dibuatnya game ini diharapkan dapat menciptakan suatu media yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional yang rendah dengan cara yang menyenangkan.