LKP Administrasi Data Karyawan dan Dosen pada Bagian Kepegawaian Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Main Author: Yusniastri, Reynelda Bunga
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4111/1/15390150006-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4111/
Daftar Isi:
  • Administrasi merupakan kegiatan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan tujuan untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnnya kembali secara keseluruhan dan dalam suatu hubungan satu sama lain. Bagian Kepegawaian bertugas untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia dan mengurusi segala sesuatu berhubungan langsung dengan administrasi karyawan dan dosen yaitu mengurusi data diri karyawan dan dosen yaitu surat-surat, kehadiran, ijin/cuti secara manual maupun elektronik. Banyaknya data yang dikelola oleh staf Bagian Kepegawaian, menyebabkan staf Bagian Kepegawaian kesulitan dalam menyusun dan mencatat data dan informasi. Berkas yang dikelola yaitu data diri dosen, Surat Tugas, Surat Keputusan, Sertifikat. Untuk mengatasai itu, peran admin dibutuhkan untuk membantu staf Bagian Kepegawaian mengelolah administrasi data karyawan dan dosen pada Bagian Kepegawaian, dengan cara pengarsipan secara elektronik menggunakan alat scan, berkas yang diarsip yaitu surat tugas, surat keputusan, sertifikat, sedangkanpengarsipan berkas secara manual dengan menggunakan sistem subyek yaitu berkas lamaran kerja, berkas data nomor telepon, berkas data karyawan dan dosen yang resign, berkas data kartu keluarga dan kartu tanda penduduk. Admin juga merekap data mengunakan Microsoft Excel. Data yang direkap adalah data keluhan karyawan tentang BPJS, data DP3 Pengajuan JAFA Juli 2017, data karyawan yang resign, data nomor telepon karyawan dan dosen, berkas Surat Keputusan karyawan dan dosen. Selain merekap data, sedangkan Penginputan data karyawan dan dosen pada aplikasi Oracle, data yang diinput yaitu Surat Keputasan. Merapikan berkas pada filing cabinet, berkas yang dirapikan adalah data diri karyawan dan dosen. Pembuatan undangan menggunakan Google Calendar dan pembuatan form menggunakan Google form. Yang terakhir menelpon dan menerima telepon.