LKP Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Layanan Keluhan Berbasis Wesbite pada PT United Tractors Tbk Cabang Surabaya

Main Author: Rinjeni, Tri Puspa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3999/1/17410100194-2019-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3999/
Daftar Isi:
  • PT United Tractors (UT) Tbk Cabang Surabaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan alat berat. UT memiliki beberapa departemen salah satunya adalah Administration Departments (ADM Dept) yang salah satu fungsinya mengelola dan menangani keluhan. Proses pengelolaan keluhan masih menggunakan chat Whatsapp sehingga menimbulkan kendala diantaranya adalah kurang termonitornya pekerjaan engineer, ketidaksamarataan beban kerja dan pembuatan laporan yang lama. Hal tersebut mengakibatkan ADM Dept tidak maksimal dalam pengelolaan keluhan yang berdampak pada lambatnya pengambilan keputusan terkait penanganan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan solusi untuk menangani permasalahan atau kendala yang ada. Solusi yang ditawarkan adalah pembuatan Aplikasi Manajemen Layanan Keluhan yang dapat mencacat penanganan keluhan oleh engineer, melakukan perhitungan beban kerja dan membuat laporan secara tepat dan cepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi sudah dapat melakukan pencatatan penanganan keluhan oleh engineer. Selain itu aplikasi ini dapat melakukan perhitungan pekerjaan engineer sehingga meminimalkan ketidaksamarataan pekerjaan. Aplikasi ini juga dapat membuat laporan secara real time sehingga memudahkan ADM Dept dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan keluhan.