TA Perancangan Buku Ilustrasi Aksara Jawa dengan Teknik Digital Vektor sebagai Media Pembelajaran Anak Kelas 3 Sekolah Dasar

Main Author: Rosidiyanti, Heny Miftachu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3796/1/14420100026-2018-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3796/
Daftar Isi:
  • Aksara Jawa adalah salah satunya budaya di Indonesia yang berasal dari suku Jawa yang sampai kini masih berkembang untuk dilestarikan oleh masyarakat. Aksara Jawa adalah simbol huruf Jawa yang merupakan anggota abjad yang melambangkan bunyi bahasa. Aksara Jawa merupakan kurukilum pendidikan muatan lokal wajib di SD, SMP maupun SMA. Sesuai dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) pembelajaran Aksara Jawa dimulai dari kelas 3 sekolah dasar. Banyak peserta didik berpendapat bahwa pelajaran ini merupakan pelajaran yang sulit. Penggunaan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran aksara Jawa saat ini masih sangat minim. Oleh karena itu dengan upaya meningkatkan kemudahan belajar terhadap askara Jawa dan menjadi pembelajaran yang menarik untuk anak kelas 3 sekolah dasar, maka akan dilakukan perancangan buku ilustrasi aksara jawa dengan teknik digital vektor sebagai media pembelajaran anak kelas 3 sekolah dasar. Pada perancangan ini juga digunakan metode penelitian metode kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka, kemudian menggunakan salah satu pendekatan kuantitatif dengan cara membagikan kuesioner untuk mendapatkan data kesulitan peserta didik terhadap aksara Jawa. Hasil Analisis diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik kelas 3 menyatakan bahwa pelajaran aksara Jawa sangat sulit, sedangkan yang masih menyatakan sulit sebesar 42% dari total 80 sampel peserta didik. Dari proses analisa data, ditemukan keyword sebuah "Delightful" yang berarti sesuatu yang menyenangkan. Berdasarkan keyword tersebut dapat diaplikasikan dalam perancangan buku ilustrasi dengan menggambarkan konsep yang menyenangkan dalam buku ilustrasi, mulai dari warna, bahas yang komunikatif serta ilustrasi.