TA Analisis Penerimaan Website Hotel Sahid Surabaya dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)

Main Author: Ginanda, Mohamad Ardan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3782/1/14410100023-2018-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3782/
Daftar Isi:
  • Website Hotel Sahid Surabaya merupakan sebuah web company profile yang didalamnya terdapat fungsi untuk mendukung proses e-commerce yang sesuai pada Misi Hotel Sahid Surabaya. Proses e-commerce akan lebih optimal apabila pengguna memanfaatkan penggunaan website. Namun pada kenyataanya dari survey yang dilakukan dengan melibatkan 20 orang untuk mengakses website, 17 orang kesulitan untuk memilih tampilan yang akan diakses untuk melakukan reservasi online sehingga responden lebih suka untuk melakukan reservasi langsung karena saat melakukan reservasi via website tidak terdapat petunjuk sehingga menyulitkan seorang pengguna dalam melakukan reservasi. Selama penerapannya, website Hotel Sahid Surabaya belum pernah dilakukan evaluasi. Solusi dari masalah tersebut adalah dilakukan analisis variabel yang memengaruhi penerimaan website dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Model ini memiliki 4 variabel independen, 4 variabel moderasi dan 2 variabel dependen. Untuk mengetahui pengaruh antar variabel dengan menggunakan Structural Equation Model, Partial Least Square. Teknik pengambilan sampel menggunakan teori Ferdinand dengan jumlah 75 responden. Berdasarkan hasil analisis pada model (UTAUT), maka dapat diketahui variabel yang berpengaruh dengan ketentuan T-Statistik ≥ 1.96 atau Pvalue ≤ 0.05 adalah Behavioral Intention terhadap Use Behavior sebesar 40.1% dan Social Influence terhadap Behavioral Intention sebesar 33%. Berdasarkan nilai mean pada variabel yang berpengaruh, berada dikelas interval (2.50-3.24) yang artinya responden setuju terhadap pernyataan dan rekomendasi yang dihasilkan yaitu, sebaiknya resepsionis Hotel Sahid Surabaya menawarkan menggunakan website untuk reservasi, karena jika seseorang merasa puas menggunakan website maka akan memengaruhi pengguna lain untuk menggunakannya. Sedangkan untuk rekomendasi yang kedua semua informasi harus dicantumkan dalam website.