TA Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat Self Harassment dengan Teknik Motion Graphic Berbasis Infografis sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Main Author: Kusuma, Mahardika Rachman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3684/1/14420100039-2019-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3684/
Daftar Isi:
  • Berkembangnya pemanfaatan teknologi komunikasi dan komputer menuntut masyarakat dapat menyaring informasi dan menyebarkan informasi yang berguna bagi lingkungan sosial mereka. Seperti yang terjadi belakangan ini kasus self harassment secara verbal lewat media sosial cukup ramai dibicarakan di Indonesia. Self harassment yang dibahas yakni sexual harassment dan juga body shaming. Tujuan dari Penelitian ini adalah menghasilkan rancangan iklan layanan masyarakat self harassment dengan teknik motion graphic berbasis infografis sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan wawancara dan juga observasi secara langsung serta studi literatur dan juga studi eksisting. Dari hasil pengumpulan data diperoleh konsep, sesuai dengan yang dikaji yaitu “morality”. Konsep ini bertujuan untuk menjadikan masyarakat lebih bermoral dalam bertindak. Media utama adalah berupa video iklan layanan masyarakat dengan teknik motiongraphic yang akan membahas mulai dari penjelasan apa itu sexual harassment dan juga body shaming serta dampak yang diakibatkan hingga solusi bagaimana cara menghadapi tindakan tersebut. Dan juga media pendukung berupa flyer, poster, xbanner, stiker dan juga pin.