TA Perancangan Identitas Visual Pantai Hutan Kera Nepa Kabupaten Sampang Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness

Main Author: Pratama, I Putu Eggi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3612/1/15420100028-2019-STIKOM_SURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3612/
Daftar Isi:
  • Indonesia terkenal dengan pariwisatanya yang menawarkan keindahan alam, salah satunya keindahan alam wisata alami berupa pantai salah satunya Pantai Hutan Kera Nepa, Pantai Hutan Kera Nepa merupakan pantai yang terletak di desa batioh kecamatan banyuates, pesisir utara pulau madura dan berjarak +50 km dari pusat kota sampang. Penelitian ini dilakukan karena Pantai Hutan Kera Nepa mengalami permasalahan yaitu data pengunjung yang mengalami kondisi naik turun (fluktuatif) dan belum adanya identitas visual (visual identity) membuat pengunjung dan calon pengunjung tidak mengetahui akan adanya wisata Pantai Hutan Kera Nepa. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang identitas visual Pantai Hutan Kera Nepa berupa logo dan pembuatan Graphic Standard Manual (GSM) dan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi literatur, dari hasil analisis data tersebut didapatkan Key Communication Message yaitu “joyful” yang berarti rasa penuh kegembiraan (riang) yang muncul setelah merasakan keindahan alam dan pesona yang dimiliki wisata Pantai Hutan Kera Nepa. Dengan menggunakan warna biru, hijau, coklat, merah dan oranye yang menggambarkan karakteristik dari Wisata Pantai Hutan Kera Nepa. Hasil dari penelitian ini menciptakan identitas visual berupa logo dan Graphic Standard Manual (GSM) serta mengimplementasikan identitas visual yang diterapkan diberbagai media pendukung seperti x banner, teaser video promosi Pantai Hutan Kera Nepa, flyer, sticker, dan merchandise.