TA Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan pada PDAM Surya Sembada Surabaya

Main Author: Rahadiyan, Dwi Aristyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3610/1/15410100016-2019-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3610/
Daftar Isi:
  • Saat ini PDAM Surya Sembada kota Surabaya memiliki permasalahan dalam melayani pelanggan dalam kegiatan pemasangan baru dan ganti meter karena banyaknya permintaan pemasangan baru dan ganti meter yang tidak terlayani. Pada tahun 2018 terdapat 77.291 permintaan pemasangan baru dan hanya 18% (13.912) dari permintaan pemasangan baru yang terlayani, dan terdapat 51.649 permintaan ganti meter dan hanya 21% (10.846) yang terlayani oleh pihak PDAM karena laporan permintaan yang berada pada customer service seringkali tidak terlaporkan kepada pihak distribusi. Solusi laporan permintaan pemasangan baru, ganti meter dan tunggakan pembayaran dapat terlaporkan langsung kepada pihak distribusi tanpa melewati customer service yaitu dengan membuat aplikasi sistem informasi pelayanan pelanggan. Hasil uji coba terhadap fungsi dengan menggunakan alpha testing diperoleh hasil 100%. Hasil uji coba juga menunjukkan bahwa dengan menerapkan aplikasi dapat meningkatkan pelayanan permintaan pemasangan baru 47% yang terlayani dan permintaan ganti meter 60% yang terlayani dalam waktu 10 hari kerja. Dan aplikasi dapat memberikan informasi pelanggan yang memiliki tunggakan pembayaran.