TA Pengukuran Tingkat Penerimaan Masyarakat Kota Surabaya terhadap Aplikasi E-Health Pemerintah Kota Surabaya

Main Author: Pradhana, Novaldy
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3544/1/12410100171-2019-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3544/
Daftar Isi:
  • Pemerintah kota Surabaya mengembangkan aplikasi bernama E-health. E-health bertujuan memudahkan masyarakat kota Surabaya dalam mendapatkan fasilitas kesehatan. Seharusnya aplikasi ini mendapat respon yang baik bagi masyarakat kota Surabaya, Target dari pemkot Surabaya sendiri sebanyak 800.000 pengguna dalam 1 bulan, sedangkan dilihat melalui situs statshow.com penggunaan E-health, hanya mencapai 409.920 pengguna. Permasalahan diatas diselesaikan dengan penelitian pengukuran tingkat penerimaan masyarakat kota Surabaya terhadap aplikasi e-health yang menggunakan metode Technology Acceptance Model 3 (TAM 3). Penelitian ini menghasilkan dokumen yang berisi rekomendasi, untuk pemerintah kota Surabaya agar dapat memperbaiki tingkat penerimaan masyarakat kota Surabaya terhadap aplikasi e-health. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang yang diambil pada beberapa puskesmas dan rumah sakit milik pemerintah kota Surabaya, teknik penghitungan dan pengambilan sampel menggunakan teori slovin dan stratified random sampling. Hasil penelitian ini, dari semua variabel yang ada pada TAM 3 hanya ada 7 variabel yang berpengaruh dalam penerimaan masyarakat terhadap e-health. Yaitu Behavioral intention terhadap Use behavior dengan nilai t statistik (25,811) dan p value sebesar (0,000), experience terhadap behavioral intention dengan t statistik sebesar (1,968) dan p value sebesar (0,050), output quality terhadap perceived usefulness dengan t statistik (2,425) dan p value sebesar (0,016), perceived ease of use terhadap behavioral intention dengan t statistik sebesar (3,127) dan p value sebesar (0,002), perceived ease of use terhadap perceived usefulness dengan t statistik sebesar (4,179) dan p value sebesar (0,000), perceived enjoyment terhadap perceived ease of use dengan t statistik sebesar (4,684) dan p value sebesar (0,000), subjective norm terhadap image dengan t statistik sebesar (10,754) dan p value sebesar (0,000)