Pemanfaatan Serious Games Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aktivitas Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus
Main Authors: | Amelia, Tan, Sagirani, Tri |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3516/1/7-MELI.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3516/ |
ctrlnum |
3516 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3516/</relation><title>Pemanfaatan Serious Games Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aktivitas Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus</title><creator>Amelia, Tan</creator><creator>Sagirani, Tri</creator><subject>370 Education</subject><description>Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan seorang anak, tanpa terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Tunagrahita merupakan bagian
dari ABK, yang dalam proses pembelajaran sering dijumpai beberapa kendala karena keterbatasan yang mereka miliki. Program Bina Diri memiliki peran sentral dalam mengantarkan peserta didik dalam melakukan bina diri untuk dirinya sendiri, seperti merawat diri, mengurus diri, menolong diri, komunikasi dan adaptasi lingkungan sesuai dengan kemampuannya. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh ABK
tunagrahita ringan perlu dilakukan secara terprogram dan berulang-ulang. Aplikasi media pembelajaran berbasis serious games dibutuhkan untuk memberikan pengenalan awal terhadap aktifitas bina diri bagi ABK tunagrahita. Pemanfaatan Aplikasi media pembelajaran diharapkan dapat membantu guru dalam memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan dan sumber belajar yang menarik.</description><publisher>Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan</publisher><date>2017-11</date><type>Book:BookSection</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3516/1/7-MELI.pdf</identifier><identifier> Amelia, Tan and Sagirani, Tri ORCID: https://orcid.org/0000-0002-6153-5477 <https://orcid.org/0000-0002-6153-5477> (2017) Pemanfaatan Serious Games Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aktivitas Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. In: Konferensi Nasional Guru dan Inovasi Pendidikan (KONASGI) : "Educative, Creative, Innovative". Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, Bali, pp. 312-319. ISBN 978-602-6428-26-4 </identifier><recordID>3516</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Book:BookSection Book PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book |
author |
Amelia, Tan Sagirani, Tri |
title |
Pemanfaatan Serious Games Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aktivitas Bina Diri Bagi Anak Berkebutuhan Khusus |
publisher |
Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan |
publishDate |
2017 |
isbn |
0000000261535 |
topic |
370 Education |
url |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3516/1/7-MELI.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3516/ |
contents |
Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan seorang anak, tanpa terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Tunagrahita merupakan bagian
dari ABK, yang dalam proses pembelajaran sering dijumpai beberapa kendala karena keterbatasan yang mereka miliki. Program Bina Diri memiliki peran sentral dalam mengantarkan peserta didik dalam melakukan bina diri untuk dirinya sendiri, seperti merawat diri, mengurus diri, menolong diri, komunikasi dan adaptasi lingkungan sesuai dengan kemampuannya. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh ABK
tunagrahita ringan perlu dilakukan secara terprogram dan berulang-ulang. Aplikasi media pembelajaran berbasis serious games dibutuhkan untuk memberikan pengenalan awal terhadap aktifitas bina diri bagi ABK tunagrahita. Pemanfaatan Aplikasi media pembelajaran diharapkan dapat membantu guru dalam memusatkan perhatian pada pengembangan kompetensi peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan dan sumber belajar yang menarik. |
id |
IOS16212.3516 |
institution |
Universitas Dinamika |
institution_id |
3669 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Dinamika |
library_id |
4565 |
collection |
Repository Universitas Dinamika |
repository_id |
16212 |
city |
KOTA SURABAYA |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS16212 |
first_indexed |
2021-10-29T02:44:11Z |
last_indexed |
2021-10-29T02:44:11Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1765770661491376128 |
score |
17.538404 |