Model Frame dalam Aplikasi MoLearn Berbasis Android dengan Perhatian pada Aspek Perangkat Siswa dan Sosial
Main Authors: | Sagirani, Tri, Sunarto, M.J. Dewiyani, Hariadi, Bambang, Amelia, Tan |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3515/1/6-TRI.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3515/7/Reviewer%20Konasgi%20T.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3515/8/Turn%20It%20In%20Konasgi%20T.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3515/ |
Daftar Isi:
- Membangun sebuah aplikasi pembelajaran berbasis mobile hendaknya mempertimbangkan karakteristik teknis perangkat mobile yang akan digunakan, aspek pribadi siswa dan aspek pembelajaran sosial. Penelitian ini memanfaatkan model FRAME yang memfokuskan diri pada peranan teknologi dalam pembelajaran, perangkat mobile sebagai komponen aktif dalam pembelajaran, yang memiliki kedudukan yang sama untuk belajar dan juga dalam proses sosial. Aplikasi Molearn berbasis Android dibangun untuk menjawab tantangan yang ada. Dalam ujicoba terbatas pada pemanfaatan Aplikasi MoLearn dilakukan pengukuran dengan menggunan User Experience Questionnaire (UEQ). Dari hasil pencatatan dan pengolahan data yang ada, berdasar enam kategori yaitu daya tarik, kejelasan, efisien, ketepatan, stimulasi dan kebaharuan, kesemuanya menunjakkan nilai/ hasil excellent