LP Program Hibah Pembelajaran Inovatif Skema "A" Model Scientific Hybrid Learning (SHL)

Main Authors: Sunarto, M.J. Dewiyani, Hariadi, Bambang
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Penelitian dan Pengembangan Stikom Surabaya , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3505/1/LP%20-%202018-bambang-inovatif.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3505/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Inovatif yang dapat meningkat kemampuan literasi data dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa untuk menyiapkan mahasiswa unggul dalam bersaing di era revolusi industri 4.0. Model pembelajaran inovatif yang dikembangkan adalah Model Scientific Hybrid Learning (SHL) menggunakan aplikasi ―Brilian‖ untuk meningkatkan kemampuan literasi data dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Brilian adalah aplikasi hybrid learning yang dikembangkan oleh Stikom Surabaya dengan mengoptimalkan Google App for Education. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah: (1) menyusun perangkat penelitian, (2) melakukan focus group discussion (FGD) untuk menyempurnakan perangkat penelitian, (3) melakukan workshop penyusunan perangkat pembelajaran, (4) melaksanakan pembelajaran dengan model SHL dan merekam kegiatan dalam bentuk video, (5) melakukan editing video agar sesuai dengan shooting scrip yang telah disusun, (6) melakukan sosialisasi model pembelajaran inovatif yang telah dikembangkan. Hasil yang telah dicapai dari penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran inovatif yang meliputi: (1) buku model Scientific Hybrid Learning, (2) modul pembelajaran inovatif mata kuliah Matematika Bisnis, dan (3) video pembelajaran inovatif. Selain hasil pengembangan model pembelajaran inovatif yang telah dicapai di atas, peneliti juga merencanakan luaran tambahan berupa artikel ilmiah yang saat ini masih dalam proses penyusunan. Artikel ini nantinya akan dilakukan submit ke Jurnal Internasional bereputasi atau Jurnal Nasional terakreditasi.