LKP Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Terhadap E-Coll di PT. Bank Tabungan Negara Pada Area Collection III Surabaya
Daftar Isi:
- E-Collection (E-Coll) merupakan salah satu bentuk upaya penagihan menggunakan Telepon yang dilakukan Bank agar debitur/nasabah pembiayaan dapat memenuhi kewajibannya sebagaimana dituangkan dalam perjanjian Kredit/Pembiayaan. Perkembangan Sistem pada E-Coll tersebut dapat terlihat dari semakin banyaknya para debitur yang mengalami tunggakan Kredit. Sistem E-Coll yang selama ini berjalan di BTN Cab. Surabaya pada umumnya, yaitu bagian E-Coll memeriksa data nasabah melalui database nasabah untuk mengecek Kredit/Pembiayaan yang sudah jatuh tempo. Sesudah itu, bagian E-Coll akan menelpon debitur untuk Pembinaan mengenai tunggakan Kredit yang belum dibayar oleh debitur tersebut. Hasil dari pembinaan tersebut, bagian E-Coll akan mencatat hasil dari Pembinaan tersebut, mengenai janji bayar Kredit yang tunggak dan Keterangan dari debitur tersebut. Hasil dari pencatatan tersebut akan direkapitulasi untuk dijadikan informasi yang berupa Laporan Hasil janji dan perubahan data dari debitur tersebut. Dari permasalahan tersebut, penulis sudah membuat sistem informasi E-Coll DRBM (Debitur Realisasi Baru Menunggak) yang dapat digunakan untuk membantu pihak manajemen dalam memantau kinerja karyawan pada bagian E-Coll dan memantau hasil telepon yang sudah terhubung dengan Debitur pada per - hari.