LP Perancangan Analytical CRM untuk Mendukung Segmentasi Pelanggan di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Main Authors: Hananto, Valentinus Roby, Wardhanie, Ayouvi Poerna, Churniawan, Agus Dwi
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Penelitian dan Pengembangan Stikom Surabaya , 2016
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3478/1/LP%20-%202016-robby-inter.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3478/
Daftar Isi:
  • institusi pendidikan di Indonesia semakin meningkat, lebih dari 3000 institusi pendidikan baik negeri maupun swasta saat ini telah berdiri di Indonesia (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2012). Tingginya tingkat persaingan antar institusi pendidikan mengakibatkan setiap institusi harus dapat mengelola institusinya secara profesional, salah satunya dalam hal berinteraksi dengan pelangganya. Hal ini dapat dicapai dengan cara lebih memaksimalkan pengelolaan data pelanggan sehingga dapat menjadi sebuah informasi yang berguna bagi perusahaan. Sebuah sistem untuk mengubah data tentang pelanggan menjadi informasi yang berguna bagi perusahaan sangatlah diperlukan. Sebagai jawaban atas tantangan ini, terciptalah sebuah teknologi untuk menganalisis data pelanggan yang sering disebut dengan analytical CRM. Sebagai salah satu alat manajemen pelanggan yang paling dinamis, analytical CRM banyak dimanfaatkan dalam analisis data pelanggan untuk berbagai tujuan yang berbeda. Analytical CRM memiliki peran penting dalam melakukan segmentasi pelanggan. Dengan melakukan segmentasi pelanggan, organisasi dapat menentukan strategi marketing yang lebih terfokus untuk masing-masing segmen. Proses marketing (komunikasi, produk/jasa, program) dapat menjadi lebih terfokus karena masing-masing segmen memang sudah memiliki kemiripan, baik dari segi kebutuhan maupun perilakunya. Atas dasar pertimbangan tersebut, maka dibuatlah sebuah rancangan analytical CRM pada instansi pendidikan untuk proses segmentasi pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada Institus Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Dari pengamatan yang sudah dilakukan, Stikom Surabaya belum menerapkan analytical CRM maupun segmentasi pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai perancangan analytical CRM untuk mendukung segmentasi pelanggan di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, dan mengetahui strategi serta kebutuhan teknologi yang harus disiapkan dalam penerapan analytical CRM.