LPM PKM UMKM Go Sosial Media Marketing pada UD AYS Gresik dan UMKM Sendy Leather Sidoarjo

Main Authors: Wulandari, Sri Hariani Eko, Wardhanie, Ayouvi Poerna, Sutomo, Erwin
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Penelitian dan Pengembangan Stikom Surabaya , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3451/1/Yani-ayouvi.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3451/
Daftar Isi:
  • Terjadinya pergeseran perilaku belanja pada masyarakat merupakan tantangan sekaligus peluang bagi para pelaku koperasi dan UKM di Indonesia. Sektor bisnis UKM ini tidak boleh lagi terjebak pada pola-pola lama dalam mengembangkan usahanya. Sayangnya, dari survei yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM beberapa waktu lalu, sekitar 36 persen pemilik UKM belum melek komputer dan internet, 12 persen pemilik UKM menggunakan komputer dan internet untuk bisnis, dan hanya 6 persen saja pemilik UKM yang sukses berbisnis online. Berdasarkan permasalahan diatas, tujuan yang ingin dicapai adalah membantu UKM UD AYS Gresik dan UMKM Sendy Leather Sidoarjo dalam membantu mengidentifikasi dan merancang content media sosial apa yang tepat untuk digunakan oleh kedua UKM tersebut dalam memasarkan produknya. Selain itu juga membantu UKM mitra dalam pemberian pelatihan tentang strategi pemasaran produk melalui media sosial di smartphone, dan teknik pengambilan foto produk. Metode yang akan digunakan yaitu Identifikasi Konsumen UMKM, Perancangan Pemasaran Produk, Harga, Distribusi, Promosi, Pembuatan Content Sosial Media Facebook dan Instagram, Pelatihan Pemasaran di Sosial Media Facebook dan Instagram, Pelatihan Pembuatan Foto Produk. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat adalah (1) Berdasarkan hasil Identifikasi terhadap ketersediaan sarana dan pengetahuan yang dimiliki kedua UMKM maka sosial media yang digunakan adalah Facebook dan Instagram (2) Telah dirancang Profile Konsumen dan Strategi Pemasaran Product, Price, Place dan Promotion UD AYS dan UMKM Sendy Leather (3) Pembuatan content sosial media AYS Instagram pada UD AYS sudah ada 10 post dan difollow oleh 77 orang. Pada Sendy Leather, Facebook sudah di post 329, sudah disukai 436 orang, sedangkan Instagram sudah ada 57 post, dan diikuti oleh 8.968 orang. (4) Sudah dilakukan Pelatihan teknik foto produk fashion (5) Sudah dilakukan Pelatihan pemasaran produk menggunakan sosial media Facebook dan Instagram menggunakan smartphone.