Teoritik dan Empirik Strategi Pemasaran (Beserta Studi Kasus Permasalahan Perusahaan Swasta di Jawa Timur)
Main Authors: | Widiana, Muslichah Erma, Hidayati, Kusni, Karsam, Karsam |
---|---|
Format: | Book NonPeerReviewed |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Penerbit Aseni
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3426/1/Teoritik%20dan%20Empirik%20strategi%20Pemasaran.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3426/ |
Daftar Isi:
- Ilmu pemasaran berkembang dari ekonomika menjadi sebuah disiplin ilmu tersendiri. Ia berkembang pesat pasca revolusi industri di abad 18. Adam Smith menekankan dalam pemasaran pentingnya memperhatikan kepentingan pelanggan. Kepuasan konsumen merupakan konsep yang paling menentukan dalam pemikiran pemasaran dan riset konsumen. Kepuasan pelanggan, kualitas layanan, dan loyalitas pelanggan merupakan tiga elemen kunci yang menentukan kesuksesan implementasi konsep pemasaran. Tujuan utama pemasaran ialah meningkatkan probabilitas dan kekerapan konsumen berinteraksi dengan produk, membeli dan menggunakan produk, dan membeli kembali produk. Filosofi pemasaran mengalami evolusi, mulai dari konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, dan konsep pemasaran sosial. Sejumlah faktor (seperti customer, company, competition, collaborators, dan change) berkontribusi pada berkembangnya sejumlah perspektif baru dalam pemasaran. Aplikasi strategi dan pemikiran strategik dalam konteks pemasaran telah berlangsung sejak akhir Perang Dunia II. Strategi pemasaran dipandang sebagai pernyataan umum mengenai arah atau pedoman dalam memilih pasar sasaran dan merancang serta menerapkan bauran pemasaran. Perencanaan strategi pemasaran merupakan tulang punggung perusahaan. Setiap perusahaan selalu melaksanakan operasional aktivitasnya, yang didahului dengan membuat rencana, bagi kelangsungan dan pertumbuhan jangka panjang, yang didasarkan pada situasi, peluang, tujuan, dan sumber dayanya. “Perencanaan strategi adalah proses mengembangkan dan mempertahankan kecocokan strategi antara tujuan dan kemampuan organisasi serta peluang pemasaran yang sedang berubah”. Dalam pemasaran, perencanaan strategi terjadi pada tingkatan unit bisnis, produk, dan pasar.