TA Analisis Pengaruh Kualitas Website PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode WebQEM
Main Author: | Nurli, Fajriyan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3425/1/12410100159-2018-STIKOMSURABAYA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3425/ |
Daftar Isi:
- P.T. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau disingkat JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik.Memiliki website resmi yang beralamatkan di www.jne.co.id sebagai suatu upaya perusahaan untuk menyediakan informasi profil perusahaan secara detail, produk dan jasa perusahaan, serta meningkatkan kualitas layanan pelanggan. Sehingga, perusahaan dapat meningkatkan daya saing dan mencapai kepuasan pelanggan. Perusahaan pesaing juga menggunakan website untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya saing perusahaan, maka dari itu PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir perlu untuk mengetahui kualitas dari website nya, sehingga diperlukan analisis pengaruh kualitas website terhadap kepuasan penggguna akhir, agar kualitas website dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk daya saing perusahaan dan kepuasan pengguna website tersebut. Kualitas website akan dianalisis menggunakan indikator WebQEM sesuai dengan persepsi pengguna akhir website, dengan instrumen kuesioner yang kemudian akan diolah secara statisik. Berdasarkan hasil olah data responden sejumlah 100 responden, maka diperoleh kesimpulan bahwa indikator - indikator WebQEM yaitu Usability, Functionality, Reliability, dan Efficiency berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sebesar 63,2%. Hal tersebut berarti, PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas website nya, perlu berpedoman pada indikator-indikator WebQEM tersebut, agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya saing perusahaan.