TA Analisis Penerimaan Aplikasi Website dengan Menggunakan Technology Acceptance Model 2 (TAM 2) pada Raja Duren

Main Author: Hardjito, Faisal Rachman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3366/1/11410100223-2017-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3366/
Daftar Isi:
  • Raja Duren memiliki website yang beralamatkan di www.rajaduren.co.id sebagai sumber informasi produk makanan maupun minuman. Berdasarkan data dari www.similarweb.com menunjukkan adanya penurunan jumlah pengunjung website. Dengan menurunnya jumlah pengunjung tersebut, pihak manajemen merasakan hasil penjualan yang berkurang karena website Raja Duren memiliki kontribusi penjualan online sebesar 15-20% dari total penjualan pada setiap bulannya. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model 2 yang berguna untuk mengukur tingkat penerimaan aplikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner secara offline dengan penentuan jumlah sampel menggunakan metode sampling unknown population maka kuesioner yang dibagikan sebanyak 120 orang. Dari 9 variabel yang digunakan (Subjetive norm, Job relevance, Image, Output quality, Result demonstrability, perceived usefulness, Perceived ease of use, Intention to Use dan Usage behavior) menunjukan minat menggunakan (intention to use) memberikan efek pengaruh langsung terbesar terhadap perilaku pengguna (usage behavior) sebesar 95%, kegunaan aplikasi (Perceived Usefulness) memberikan pengaruh sebesar 37% terhadap minat menggunakan (Intention to Use), Kemudahan penggunaan aplikasi (Perceived Ease of Use) memberikan pengaruh sebesar 58% terhadap minat menggunakan (Intetntion to Use), dari hasil yang diperoleh menunjukan bahwa tingkat penerimaan aplikasi dapat diukur dari minat menggunakan (Intention to Use) sebagai variabel mediasi yaitu sebesar 95%.