Pengaruh Strategi Pembelajaran Cooperatif Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Main Author: Hariadi, Bambang
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret , 2012
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/334/1/Stategi_pembel_coop-Seminar_Lit.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/334/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran cooperatif learning terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain faktorial versi nonequivalen control group design. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi Sistem Informasi berjumlah 69 mahasiswa, terdiri dari 34 mahasiswa untuk kelas eksperimen dan 35 mahasiswa untuk kelas kontrol. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varian (ANAVA) dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah Manajemen Umum yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan strategi kooperatif tipe STAD berbasis web dan strategi kooperatif tipe STAD berbasis teks. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan untuk menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan menggunakannya secara bersamaan (saling melengkapi) antara yang berbasis web dengan yang berbasis teks dalam bentuk blended learning.