TA Evaluasi Aplikasi Crowdsourcing Terhadap Kepuasan Kerja Driver Gojek di Surabaya

Main Author: Amiyantho, Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3336/1/13410100192-2019-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3336/
Daftar Isi:
  • Salah satu startup yang telah yang sukses menjaring minat masyarakat dengan berbagai layanannya menggunakan metode bisnis crowdsourcing di bidang jasa transportasi online yaitu PT. Gojek Indonesia. Saat ini masih ada permasalahan pada startup Gojek berdasarkan kuesioner terhadap 97 sampel driver Gojek adalah driver sering mendapatkan suspend sepihak dari perusahaan (authority), belum adanya feedback bagi driver dalam memberikan kritik dan saran ke perusahaan (creativity) maupun melaporkan mendapatkan orderan fiktif (security), belum adanya fitur untuk menampilkan grafik pendapatan dalam sebulan (payment made by Gojek Indonesia to winning crowdsourcer(s)), dan penambahan fitur "komplain" jika terdapat kesalahan dalam pembayaran (payment made by Gojek Indonesia to winning crowdsourcer(s)). Berdasarkan permasalahan diatas, diperlukan evaluasi aplikasi Gojek driver dengan menggunakan konsep crowdsourcing terhadap kepuasan kerja driver di Surabaya. Sehingga PT. Gojek Indonesia yang merupakan salah satu startup yang sukses saat ini di bidang jasa transportasi online bisa menjadi acuan bagi pelaku bisnis yang ingin membangun bisnis serupa yaitu dengan konsep crowdsourcing terhadap kepuasan kerja. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan 97 sampel menunjukkan indikator human intelligence task performed by driver Gojek as crowdsourcing community, completed human intelligence task returned to Gojek Indonesia, dan payment made by Gojek Indonesia to winning crowdsourcer(s) yang memiliki efek positif yang berarti untuk mendapatkan kepuasan kerja perlu untuk meningkatkan nilai usulan dan saluran sehingga aplikasi Gojek driver di masa depan memberi driver pengalaman baru.