TA Re-Desain Website Cv Planktoon dengan Metode Up Selling Dikombinasikan dengan Sosial Media untuk Peningkatan Penjualan
Main Author: | Willybrodus Se, Malkus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3332/1/10410100107-2016-STIKOMSURABAYA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3332/ |
Daftar Isi:
- CV Planktoon (Planktoon Garage Store) merupakan sebuah toko usaha yang berlokasi di Perumahan Permata Safira C2/2, JL. Lidah Kulon - Surabaya 60213 Jawa Timur dan memiliki website toko online di www.planktoonfingerboard.com yang menjual bermacam produk untuk kalangan anak muda antara lain seperti fingerboard, spare part, parks (miniatur dari arena permainan skateboard), jaket, baju, aksesoris dan tas yang semuanya merupakan hasil produksi dari CV Planktoon. Website yang dimiliki oleh CV. Planktoon saat ini tidak memfokuskan pada kepentingan dan kepuasan pelanggan yang terbukti dengan tidak adanya sistem member. Website saat ini juga tidak membuat variasi penawaran dan pelayanan kepada pelanggan. Website juga tidak menyediakan hubungan langsung antara jumlah stok produk pada toko dengan stok pada website sehingga beberapa pemesanan kadang mengalami kendala keterlambatan atau bahkan pembatalan pesanan karena jumlah stok tidak sesuai atau habis. Kurangnya penyebaran informasi tentang produk yang dimiliki (produk baru) menyebabkan kurangnya ketertarikan dan minat dari pihak konsumen untuk mengunjungi website penjualan tersebut sehingga website penjualan tersebut kurang populer atau kurang dikunjungi oleh pelanggan. Pihak toko juga mengalami kesulitan dalam pembuatan laporan transaksi penjualan yang berisi laporan penjualan, stok harian, omzet penjualan dan barang terlaris. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, dibuatlah re-desain website sistem penjualan yang mampu memberikan rekomendasi penentuan produk sejenis melalui strategi up selling, menyediakan fitur pendaftaran member, penyebaran informasi produk melalui sosial media, penyediaan fitur pencarian produk, pemesanan serta pembayaran sampai pada konfirmasi data pengiriman untuk pelanggan, dan pembuatan laporan barang terlaris serta laporan stok harian dan transaksi penjualan untuk pihak toko. Dari hasil uji coba, sistem mampu menghasilkan output berupa rekomedasi up selling produk, menyebarkan informasi produk melalui sosial media, fitur pendaftaran member, serta menghasilkan laporan yang berupa laporan barang terlaris, stok produk dan transaksi penjualan.