TA Penerapan Gamification pada Sistem Pemeringkatan Kinerja UMKM dengan Konsep Crowdsourcing pada Startup Usahanesia

Main Author: Wandana, Bhisma Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3331/1/15410100103-2019-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3331/
Daftar Isi:
  • Usahanesia mempunyai visi untuk membantu UMKM di Indonesia agar dapat berkembang sehingga dapat bersaing dengan UMKM dari Indonesia maupun mancanegara. Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, usahanesia memerlukan informasi mengenai kinerja bisnis UMKM tersebut. Kinerja bisnis tersebut akan dibagikan kepada UMKM lainnya sehingga UMKM dapat membandingkan kinerja bisnisnya dengan pesaing. Jika kebutuhan Usahanesia tidak terpenuhi, maka Usahanesia tidak dapat membantu UMKM dalam mengembangkan bisnisnya. Berdasarkan uraian kebutuhan di atas diciptakan solusi yaitu dengan menciptakan sebuah sistem untuk membantu Usahanesia dalam memantau dan memperingkatkan kinerja bisnis UMKM dengan menerapkan konsep crowdsourcing dan gamification. Konsep crowdsourcing digunakan untuk membagikan informasi kinerja bisnisnya yang meliputi produktivitas, sdm, serta teknologi sedangkan gamification digunakan untuk memotivasi UMKM agar terus membagikan informasi kinerja bisnisnya serta menjadi acuan poin dalam penilaian kinerja bisnis yang telah mereka bagikan dan digunakan untuk pemeringkatan. Hasil uji coba dapat menunjukkan bahwa aplikasi dapat menghasilkan peringkat UMKM yang berdasarkan pada penilain kinerja bisnis serta penilaian sumber daya yang meliputi manusia, mesin, dan invoasi untuk membandingkan kinerja UMKM satu dengan UMKM yang lain. Uji coba aplikasi juga sudah berjalan 100 % sesuai dengan story product backlog yang disusun berdasarkan permintaan product owner.