TA Perencanaan Information Technology Service Portfolio Management pada Departemen Information Technology PT Terminal Petikemas Surabaya Menggunakan ITIL V3

Main Author: Romadhon, Dimas Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3295/1/14410100036-2018-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3295/
Daftar Isi:
  • PT Terminal Petikemas Surabaya merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa bongkar muat petikemas. Salah satu layanan TI yang mendukung proses bisnis utama bongkar muat petikemas ini adalah layanan Terminal Operating System (TOS). Layanan TOS merupakan sistem aplikasi yang digunakan dalam pengoperasian terminal petikemas. Pada layanan TOS tersebut, didapatkan belum adanya dokumen daftar rincian layanan TI. Hal tersebut menyebabkan apabila terdapat layanan yang mengalami gangguan, maka harus menunggu staf yang paham dengan layanan tersebut. Selain itu, apabila Departemen IT mengajukan layanan masih dilakukan secara lisan tanpa adanya mekanisme berupa dokumen. Solusi yang diberikan yaitu perencanaan IT Service Portfolio Management (SPM). SPM bertujuan untuk dapat menyediakan mekanisme untuk menentukan layanan yang akan disediakan oleh Departemen IT berdasarkan pertimbangan investasi dan tingkat resiko yang dapat diterima, serta memastikan layanan TI didefinisikan dengan jelas dan rinci. Framework yang digunakan dalam proses SPM yaitu Information Technology Infrastructure Library (ITIL) v3. Hasil dari perencanaan IT Service Portfolio Management adalah dokumen portofolio layanan TI (service portfolio) yang berisi rincian layanan TI yang mencakup 14 layanan yang sedang digunakan (service catalogue), 2 layanan yang sedang dikembangkan (service pipeline), dan 0 layanan yang sudah tidak digunakan lagi (retired services), serta panduan kerja berupa prosedur yang dapat digunakan untuk mengelola portofolio layanan TI.