TA Perencanaan Information Technology Service Level Management pada Departemen Information Technology PT Terminal Petikemas Surabaya Menggunakan ITILV3

Main Author: Aprilian, Maulvie Yazid
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3294/1/14410100038-2018-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3294/
Daftar Isi:
  • PT Terminal Petikemas Surabaya telah memiliki layanan TI yang lengkap dan terintegrasi pada seluruh proses bisnisnya. Sistem TOS merupakan layanan TI yang mendukung kegiatan proses bisnis utama pada perusahaan. Namun, kurangnya komunikasi antara Departemen IT dengan pengguna terkait target tingkat layanan TI menyebabkan layanan TI tidak dapat diukur karena tidak memiliki ukuran efektif kinerja layanan. Selain itu, tidak adanya dokumentasi terkait tanggung jawab Departemen IT dan pengguna menyebabkan beban kerja Departemen IT meningkat karena harus menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawab pengguna. Solusi yang diberikan yaitu Perencanaan IT Service Level Management. Perencanaan IT Service Level Management bertujuan untuk menetapkan target tingkat layanan TI serta memberikan panduan dalam melakukan kegiatan pengelolaan tingkat layanan TI. ITIL V3 digunakan sebagai framework dalam menyusun rencana kegiatan dalam perencanaan IT Service Level Management. Hasil dari perencanaan IT Service Level Management adalah dokumen rencana IT Service Level Management yang berfungsi sebagai target tingkat layanan TI serta panduan kerja dalam proses pengelolaan tingkat layanan TI. Dokumen perencanaan IT Service Level Management berisi delapan prosedur, delapan instruksi kerja, dan sebelas rekam kerja pengelolaan tingkat layanan TI pada Departemen IT.