TA Perancangan Visual Identity Museum Dr. Soetomo sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness
Main Author: | Akbar, Taufik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3216/1/14420100005-2018-STIKOMSURABAYA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3216/ |
Daftar Isi:
- Museum Dr. Soetomo merupakan museum klasifikasi khusus di mana konten yang termuat di dalam museum tersebut berhubungan erat dengan pergerakan serta biografi pahlawan Nasional Dr. Soetomo. Tujuan didirikannya museum ini yaitu untuk mengapresiasi seorang tokoh Dr. Soetomo dan pergerakannya, sebagai sarana pembelajaran sejarah, dan menumbuh kembangkan semangat nasionalisme bagi masyarakat. Peneliti melakukan pengamatan langsung dan menemukan bahwa Museum Dr. Soetomo tidak memiliki logo atau identitas visual yang dapat menggambarkan karakteristik tempat ini kepada masyarakat luas. Dalam desain ini, peneliti akan fokus pada proses desain logo dalam upaya meningkatkan kesadaran merek. Konsep logo yang telah dirancang adalah Inspiring yang didapat dari analisis data dan kata kunci. Konsep inspirasi berarti semangat ke depan. Semangat inspirasi untuk pemuda melalui pendidikan sejarah Dr. Soetomo. Selain membuat logo, desain ini juga merancang panduan merek yang bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang nilai dan esensi dari merek yang dimiliki Museum Dr. Soetomo beserta panduan penggunaan logo dan aplikasinya untuk penerapan desain. Implementasi desain brosur yang dirancang, x-banner dan merchandise dimaksudkan sebagai media informatif yang dapat membantu audiens sasaran dalam mengetahui Museum Dr. Soetomo.