TA Perancangan User Interface Marketplace UKM Batik Menggunakan Metode Centered Design (UCD)
Main Author: | Santoso, R. P. Mohammad Bagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3215/1/14410100136-2018-STIKOMSURABAYA.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3215/ |
Daftar Isi:
- Kondisi Penjualan Batik Di Kabupaten Pamekasan Semakin Menurun. Hal Ini Disebabkan Karena Para Pengrajin Batik Masih Menggunakan Metode Pemasaran Tradisional Dan Dalam Skala Kecil. Dengan Menggunakan Metode Pemasaran Seperti Ini, Konsumen Mereka Hanya Sebatas Di Sekitar Tempat Mereka Berjualan. Hasil Wawancara Dengan Beberapa Pengrajin Batik Di Kabupaten Pamekasan Diketahui Bahwa Mereka Membutuhkan Solusi Untuk Meningkatkan Penjualan Dan Memperluas Pemasaran Batik Mereka. Berdasarkan Masalah Yang Didapat, Ditemukan Solusi Melakukan Pemasaran Batik Menggunakan Marketplace. Marketplace Sebagai Media Online Dapat Membantu Para Pengrajin Batik Untuk Memperluas Pemasaran Batik Mereka Menjadi Skala Nasional. User Interface Pada Marketplace Menjadi Salah Satu Faktor Penentu Apakah User Akan Tetap Menggunakan Marketplace Atau Tidak. Perancangan User Interface Marketplace Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd) Yang Menghasilkan Mockup Desain. Mockup Yang Dihasilkan Telah Diuji Menggunakan Metode Usability Testing Dengan Penyebaran Angket Kepada 50 Responden. Terdapat 5 Variabel Yang Digunakan, Yaitu Learnability, Efficiency, Memorability, Errors Dan Satisfaction. Hasil Dari Pengujian Menunjukkan Bahwa Mockup Desain User Interface Menunjukan Akurasi Learnability Sebesar 84%, Akurasi Efficiency Sebesar 86,2%, Akurasi Memorability Sebesar 88%, Akurasi Errors Sebesar 82% Dan 87,5% Untuk Akurasi Satisfaction.