TA Perencanaan Information Technology Incident Management Menggunakan Information Technology Infrastructure Library (ITIL) Versi 3 pada PT Terminal Petikemas Surabaya

Main Author: Assegaff, Alwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3198/1/14410100013-2018-STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3198/
Daftar Isi:
  • Departemen Information Technology PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) memiliki unit tim Service Desk yang bertugas dalam penanganan insiden layanan IT. Penanganan insiden layanan IT yang dilakukan saat ini berdasarkan pengalaman, pengetahuan dan kesepakatan. Insiden yang terjadi secara berulang belum mendapat penanganan yang bersifat permanen. Hal ini berdampak pada penggunaan sumber daya dalam menangani insiden. Solusi yang diberikan adalah perencanaan information technology incident management. Perencanaan incident management sebagai panduan dalam melaksanakan penanganan gangguan atau insiden untuk proses pemulihan layanan IT. ITIL v3 sebagai framework yang digunakan dalam menyusun panduan kerja terstruktur untuk proses incident management. ITIL v3 menyediakan proses yang konsisten dan berulang dalam memulihkan layanan IT. Hasil dari perencanaan incident management sebagai panduan kerja manajemen dalam meningkatkan penanganan insiden saat ini. Panduan kerja yang dihasilkan telah disesuaikan dengan proses internal TPS dan ITIL v3, sehingga dapat digunakan secara langsung sebagai panduan dalam mencatat insiden, menangani insiden, dan menyelesaikan insiden layanan IT.