TA Perancangan Destination Branding Wisata Coban Talun Sebagai Upaya Membangun Brand Recall

Main Author: Priyambudi, Eko
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3190/1/14420100007%20-%202018%20-%20STIKOMSURABAYA.pdf
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3190/
Daftar Isi:
  • Coban Talun merupakan salah satu objek wisata alam berbasis kawasan hutan, berlokasi di Desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Coban Talun memadukan antara wisata alam dan wisata buatan, sehingga sering digunakan sebagai tempat untuk berkemah dan bisa digunakan sebagai sarana outbound serta wisata buatan seperti Pagupon Camp, Apache Camp, Taman Bunga, Omah Oyot, Alas Pinus dan Taman 1000 ayunan. Peneliti menemukan bahwa Wisata Coban Talun tidak memiliki logo atau identitas visual yang dapat menggambarkan potensi atau kekayaan alam di dalam wisata ini. Dalam desain ini, peneliti akan fokus pada proses desain logo.tujuannya adalah untuk melakukan destination branding wisata Coban Talun untuk membangun brand recall Konsep dari pembuatan logo adalah “Impressive” dari data dan analisis kata kunci. Konsepnya adalah memberikan kesan yang hebat kepada para wisatawan yang mengunjungi wisata ini dengan membuat identitas visual yang menggambarkan potensi dan kekayaan alam dari wisata ini. Selain membuat logo, brand guideline juga dirancang sebagai bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang nilai dan esensi dari merek Coban Talun bersama dengan pedoman untuk penggunaan logo dan pengaplikasiannya. Implementasi desain pada stationery set , media promosi seperti brosur, x-banner dan merchandise sebagai media informatif yang dapat membantu wisatawan dalam mengetahui Wisata Coban Talun.