Daftar Isi:
  • Perusahaan yang bergerak dalam bidang konservasi alam dan edukasi pelestarian flora dan fauna yang dikemas dalam konsep wisata keluarga tentunya harus memiliki berbagai media berupa sign system yang digunakan sebagai upaya optimalisasi media informasi demi terciptanya kenyamanan pengunjung. Permasalahan yang timbul dari PT. Taman Safari Indonesia II adalah bagaimana mendesain sign system bertemakan alam dan anak-anak dengan berpatokan pada sig system yang sudah ada di Taman Safari. Untuk menanggulangi perihal tersebut maka solusinya adalah merancang kembali atau meredesain sign system yang sudah ada yang bertemakan alam dan anak-anak sebagai upaya optimalisasi media informasi dari pihak perusahaan kepada pengunjung. Dengan adanya redesain sign system ini diharapkan pengunjung dapat merasakan kenyamanan ketika berwisata ke Taman Safari Indonesia II Prigen dan tidak khawatir untuk tersesat diarea dengan luas +350 Ha tersebut. Untuk meredesain sign system ini menggunakan beberapa metode yang diawali dengan pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara dan pengambilan data-data yang dibutuhkan, dan dilanjutkan dengan proses desain (penentuan konsep, software, warna, dan lain sebagainya). Dari proses tersebut menghasilkan sebuah desain yang tidak meninggalkan karakter dari PT. Taman Safari Indonesia II Prigen yang berkonsepkan alam dan anak-anak. Sign system yang dibutuhkan di sini adalah sign tidak hanya menunjukkan arah saja seperti sebelumnya tetapi bagaimana bentuk visual penunjuk arah tersebut didesain menjadi lebih menarik, lebih berkonsep dan tetap komunikatif. Hal ini sebagai upaya mengoptimalkan media informasi bagi pengunjung untuk merasakan kenyamanan ketika berwisata.