TA Rancang Bangun Aplikasi Analisis Kepuasan Pengguna Layanan OPAC pada Perpustakaan Universitas Dr. Soetomo
Main Author: | Ramadhani, Much. Andinouval |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2782/1/14410100011-2018-COMPLETE.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2782/ |
Daftar Isi:
- Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) merupakan salah satu perguruan tinggi di Surabaya yang memiliki perpustakaan. Salah satu misi dari perpustakaan Unitomo adalah mengembangkan Perpustakaan Unitomo dengan fasilitas dan jasa layanan berbasis teknologi dan komunikasi. Dalam mencapai misi tersebut, pihak perpustakaan Unitomo harus mengetahui tingkat kepuasan pengguna layanan teknologi informasi yang ada. Selama ini, pengguna masih belum memberikan saran terkait layanan yang ada, karena kurangnya arahan dari pihak perpustakaan. Sehingga, pihak perpustakaan kesulitan dalam mengetahui kualitas layanan teknologi informasi yang ada di perpustakaan Unitomo saat ini. Berdasarkan permasalahan diatas, muncul suatu kebutuhan berupa aplikasi analisis kepuasan pengguna layanan dengan metode Servqual dimana metode Servqual digunakan untuk menganalisis kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang diterima oleh pengguna. Proses yang ada pada aplikasi ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, perhitungan Servqual, serta analisis kuadran. Aplikasi ini dapat menyimpan data kuesioner, melakukan uji validitas, uji reliabilitas, aplikasi juga dapat melakukan analisis kepuasan menggunakan metode Servqual. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan hasil analisis berupa analisis kuadran beserta rekomendasinya yang dibutuhkan pihak perpustakaan untuk mengembangkan layanan OPAC kedepannya.