Perpustakaan dan Literasi Informasi bagi Generasi Digital
Main Author: | Kumalawati, Deasy |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2760/1/Deasy_Konasgi.pdf https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/2760/ |
Daftar Isi:
- Literasi informasi merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang. Perkembangan teknologi informasi dan disertai dengan banjir informasi menyebabkan masyarakat mengalami kesulitan dalam memilih informasi yang benar. Teknologi internet yang memberikan kemudahan dalam menemukan informasi menjadi salah satu faktor rendahnya kemampuan literasi informasi, khususnya bagi generasi digital. Saat informasi dapat ditemukan dengan mudah hanya dengan sekali sentuh, generasi ini akan menggunakan informasi apapun yang ditemukannya untuk berbagai kebutuhan, termasuk kebutuhan akademiknya tanpa memerhatikan keakuratan informasi tersebut. Memberikan pembekalan dalam kemampuan berliterasi informasi sejak dini perlu dilakukan sebagai upaya membekali siswa dalam menempuh pendidikan selanjutnya. Hal ini menjadi tugas perpustakaan dan guru untuk melatih siswa untuk mencari, memilih, menggunakan dan mengolah ulang informasi dalam berbagai kegiatan akademik sehingga kemampuan literasi informasinya akan tertanam dan terasah. Tujuan dari makalah ini adalah untuk memberikan gambaran tentang bagaimana perpustakaan dan guru dapat berperan dalam memberikan pembekalan kemampuan literasi informasi sejak dini melalui berbagai kegiatan akademik yang dapat dikemas di sekolah.