Daftar Isi:
  • Kantor Sistem Pelayanan Satu Atap (Samsat) Surabaya merupakan salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan kepada publik/masyarakat salah satunya adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), merupakan proses perpanjangan pajak kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat yang dilakukan secara rutin setahun sekali dan juga lima tahun sekali. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah masyarakat harus mengantri selama 1 sampai 12 menit untuk mendapatkan pelayanan. Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, pada penelitian ini dilakukan pemodelan dan simulasi pada sistem antrian pelayanan pembayaran pajak kendaraan lima tahunan. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara mencatat waktu antar kedatangan pengunjung, waktu tunggu pengunjung, dan waktu pelayanan pengunjung. Selanjutnya dilakukan proses perhitungan distribusi gamma menggunakan data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Hasil distribusi akan digunakan sebagai acuan untuk proses simulasi. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi untuk melakukan beberapa perubahan parameter pada proses bisnis Samsat Surabaya Selatan yaitu mengubah jumlah loket pelayanan dari 2 loket menjadi 4 loket dan mengubah jam pelayanan dari 5 jam menjadi 6 jam.