TA Perancangan Buku Komik Permainan Tradisional dengan Teknik Digital Painting untuk Anak Usia 6-12 Tahun Sebagai Upaya Pelestarian Budaya
Daftar Isi:
- Permainan tradisional, merupakan permainan yang telah ada sejak jaman dahulu, dan merupakan salah satu dari sekian banyaknya budaya yang ada diindonesia. Permainan tradsional sering sekali dijadikan sebagai aktivitas untuk mengisi waktu luang pada jaman dahulu. Namun, saat ini permainan tradisional sangat jarang ditemui diberbagai tempat, karena penurunan minat anak-anak jaman sekarang terhadap permainan tradisional. Maka dari itu peneliti membuat buku komik yang bertema permainan tradisional, mengingat anak-anak yang masih menyukai media komik pada jaman sekarang. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam mencari hal yang berkaitan dengan permainan tradisional adalah melalui observasi, kuesioner, wawancara, studi literatur, studi kompetitor, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan memiliki peranan yang penting terhadap permasalahan yang timbul pada perancangan buku komik permainan tradisional dengan teknik digital painting untuk anak usia 6-12 tahun sebagai upaya pelestarian budaya, sehingga memerlukan banyak data yang akurat agar hasil yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan. Data ini digunakan untuk mengetahui konsep awal dalam perancangan buku komik permainan tradisional. Hasil dari perancangan buku komik permainan tradisional serta implementasi medianya sudah memuat unsur informatif dan edukatif mengenai permainan tradisional yang diangkat, yakni petak umper dan benteng-bentengan. Berdasarkan konsep keyword yang dipakai yakni delightfull. Sehingga diharapkan dapat menjadi media hiburan sekaligus media pembelajaran yang menyenangkan bagi target audiens, yakni anak-anak usia 6-12 tahun.