TA Rancang Bangun Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Key Performance Indicator pada Bank Jatim Kantor Pusat Surabaya
Daftar Isi:
- Bank Jatim merupakan sebuah perusahaan milik daerah pemerintah Jawa Timur. Dalam meningkatkan kinerja karyawan, Bank Jatim melakukan penilaian kinerja setiap bulan dengan menggunakan metode Key Performance Indicator (KPI). Tetapi terdapat permasalahan terhadap metode penilaian kinerja tersebut, yakni masih bersifat manual. Akibatnya sering terjadi kesalahan terhadap hasil penilaian kinerja dan laporan hasil penilaian sering tertukar antar divisi, serta dibutuhkannya sebuah metode untuk mendukung grafik penilaian dan Local Area Network (LAN) untuk pimpinan divisi. Solusi yang dibutuhkan adalah membuat sebuah aplikasi penilaian kinerja karyawan menggunakan metode KPI, tampilan grafik penilaian kinerja dengan menggunakan metode Graphic Rating Scales (GRS), dan konfigurasi sistem LAN sesuai dengan ketentuan Bank Jatim. Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan dengan para pimpinan divisi, penyelia, dan HRD aplikasi penilaian kinerja ini telah sesuai dengan ketentuan Bank Jatim Kantor Pusat Surabaya dan fungsi yang diterapkan pada aplikasi telah memenuhi kebutuhan untuk proses penilaian kinerja karyawan dan dapat menampilkan grafik penilaian kinerja sesuai metode GRS. Untuk pengembangan aplikasi dapat diintegrasikan dengan smartphone agar lebih mudah untuk melakukan pemantauan dan dapat dikembangkan menggunakan web agar dapat diakses dengan mudah.