Daftar Isi:
  • PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (PT BJTI) merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang jasa bongkar/muat peti kemas yang berada di Surabaya. Pengelolaan dokumen pengajuan pelatihan pada PT BJTI masih menggunakan dokumen kertas. Berdasarkan kondisi administratif saat ini, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas memakan waktu 1-2 minggu. Hal ini disebabkan lokasi antar divisi yang berjauhan. Bagian SDM juga mengalami kendala dalam hal lama waktu pencarian data pelatihan dikarenakan jumlah dokumen yang dicetak selama tiga tahun terakhir mencapai 1.114 dokumen. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat aplikasi administratif pengelolaan kegiatan pelatihan. Untuk mengatasi jarak antar divisi yang berjauhan, aplikasi dibuat secara online. Aplikasi juga menerapkan teori Administrative Workflow System (AWS) untuk memastikan alur proses dapat berjalan sesuai dengan prosedur pada PT BJTI. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini mampu mengurangi dokumen kertas hingga 100%. Hal ini terlihat pada hasil perbandingan penggunaan dokumen cetak sebanyak 12 dokumen sebelum menggunakan aplikasi, menjadi tanpa dokumen cetak setelah menggunakan aplikasi. Aplikasi juga dapat mempercepat waktu proses pencarian data pelatihan dari 6 menit 3 detik menjadi 4,7 detik.